Bahan untuk Atap Rumah, Salah Satunya Seng

Atap merupakan salah satu bagian dari rumah tinggal yang paling terlihat dari bagian luar dan juga akan sangat menentukan sekali penampilan rumah tinggal Anda nantinya. Selain hal tersebut, atap rumah ini juga berperan sebagai pelinding isi rumah dari panas, hujan, dingin, angin, serta pengaruh cuaca yang lainya. Rumah yang bagus jika atapnya bocor, pasti akan membuat pusing penghuninya. Oleh sebab itulah sangat penting sekali untuk memilih jenis atap yang tepat untuk hunian.

Saat ini sudah ada banyak sekali pilihan bahan untuk atap rumah tinggal. Produk baru akan selalu bermunculan untuk gantikan yang lama dengan material yang lebih unggul pastinya, serta mampu memenuhi tuntutan teknik maupun estetika bangunan baru. Dan di bawah ini adalah beberapa jenis bahan atap rumah yang paling populer, salah satunya adalah seng.

Bahan Untuk Atap Rumah

Bahan untuk Atap Rumah Salah Satunya Seng

Sirap

Sirap ini umumnya dibuat dari kayu, besi atau kayu ulin tua yang tahan terhadap cuaca. Untuk setiap lembarnya mempunyai warna, lebar, serta ketebalan dan juga potongan yang unik sehingga tampak lebih alami.

Genteng tanah liat

Sedangkan untuk genteng tanah liat satu ini memiliki bermacam variasinya yang merupakan bahan atap paling digunakan. Genteng dengan jenis tersebut sangatlah awet, sebab tak bisa lapuk, terbakar, atau pun dirusak oleh serangga. Jika jenis material dan juga pemrosesnya yang bagus, maka genteng tersebut sedikit memerlukan perawatan.

Seng

Seng merupakan salah satu bahan penutup atap yang harganya paling murah, ringan, dan juga tahan lama. Seng ini dibuat dari lembaran logam tipis yang bergelombang dan diikatkan satu sama lainnya dengan menggunakan paku. Kelemahan seng ini adalah sifatnya yang bisa menahan panas, berkarat, kurang menarik dari segi penampilan dan mudah sekali terhempas angin.

Asbes

Asbes mempunyai karakteristik seperti seng, yakni ringan, murah, dan juga tahan lama. Tak sama dengan seng, asbes ini tidak bisa menyerap panas, sehingga akan menjadikan rumah terasa lebih sejuk. Kelemahan asbes tersebut adalah penampialnnya yang tak menarik, mudah sekali retak, dan bisa membahayakan kesehatan.

Nah, itulah tadi sekilas informasi tentang bahan untuk atap rumah, salah satunya seng yang bisa kami bagikan. Selain itu kami juga memiliki informasi menarik lainnya lho mengenai Cara Memilih Genteng yang Bagus.

Tags: