Cara Memilih Batu Bata yang Bagus

Proses pembangunan rumah sesuai fungsi utamanya adalah sabagai tempat tinggal, yang semestinya harus mengakomodasi dan juga melingkup kepentingan dari pemilik rumahnya tersebut. Tak hanya sakadar tempat untuk tidur atau beristirahat, tetapi juga menjadi tempat kegiatan kehidupan sehari-hari. Rumah yang Anda bangun harus kokoh, awet, serta tahan cuaca. Rumah tersebut bisa Anda miliki bila pada saat pembangunan Anda memilih bahan bangunan yang tepat.

Misalnya saja dengan batu bata ini, yang mana batu bata yang terbaik adalah batu bata buatan pabrik atau pun batu bata pada saat proses pembuatannya di pres. Bukan berarti batu bata tradisional atau konvesional tidak berkualitas. Secara penampilan fisik batu bata yang baik ini adalah yang mampu memberikan suara yang lebih nyaring saat diketok. Sebab suara yang tidak nyaring menunjukkan bahwasannya batu batanya lembut, lemah, dan rapuh. Nah, agar Anda nantinya bisa mendapatkan batu bata yang bagus dan terbaik, ikuti ulasan ini dulu yuk.

Cara memilih batu bata

Cara Memilih Batu Bata yang Bagus

  • Apabila diamati dan juga diperhatikan ada banyak batu bata yang patah atau pecah rambut ketika di toko material, maka batu bata tersebut tak baik, artinya rapuh.
  • Bisa juga dicek dengan cara gesekkan potongan besi pada batu bata tersebut, jika nantinya muncul suara nyaring, maka batu batanya tersebut berkualitas baik untuk pembangungan rumah.
  • Cara lainnya adalah dengan membelah atau pun membagi dua batu batanya. Jika bagian dalamnya batu bata berwara merah merata, maka dapat dipastikan jika batu bata tersebut sangat bagus atau baik, dengan alasan sudah matang ketika dilakukan proses pembakaran.
  • Perhatikan juga tumpukan batu bata ketika diturunkan dari truk pengangkut, bila banyak yang patah atau pun pecah, maka batu batanya tersebut kurang baik.
  • Ambilah satu batu bata dan timbang, setelah itu batu batanya direndam ke dalam air kurang lebih selama 24 jam, bila sudah timbang kembali dan hitung selisih hasil timbangannya, maka nantinya bisa dihitung jumlah daya serap air.
  • Terakhir, batu bata yang bagus memiliki ukuran , kuat tekan dan juga daya serap air yang sesuai dengan spesifikasi yang diijinkan.

Demikian informasi tentang cara memilih batu bata yang bagus. Jangan lupa juga untuk baca artikel selanjutnya, Cara Memilih Semen yang Bagus.