Cara Memilih Semen yang Bagus

Semen adalah salah satu material atau pun bahan bangunan yang memiliki peranan cukup penting sekali dalam pembangunan sebuah hunian, sebab selain bata merah, pasir, batu kali, koral, dan lain sebagainya, semen merupakan material atau bahan pabrikan yang jadi salah satu komponen utama untuk pekerjaan stuktur beton serta pekerjaan pasangan dinding, acian, plesteran, pemasangan keramik, dan lain-lain.

Semen ini sendiri mempunyai 4 unsur pokok, diantaranya batu kapur, tanah liat, pasir kwarsa atau batu silica, dan juga pasir besi. Dan semen yang telah tersedia di pasaran terdiri atas berbagai macam merek, seperti semen tiga roda, semen Gresik, semen Padang, semen tonasa, semen batu raja, dan semen merah putih.

Cara memilih semen yang bagus dan berkulitas

Cara Memilih Semen yang Bagus

  • Berlogo SNI, kemasan tak rusak, dan tak terlalu lama disimpan. Idealnya untuk penyimpanan semen yang paling lama hanya 1 bulan. Ini bisa Anda ketahui dengan cara menekan semennya, bila memang terasa lunak dan juga lembut, itu artinya kualitasnya bagus.
  • Tak menggumpal dan tampak kasar. Semen dengan kualitas baik saat dipegang langsung butirannya dapat terurai dan semua bagiannya tak menyatu serta tampak lembut seperti butiran debu.
  • Jika dilihat dari warnanya, idealnya berwana abu-abu kehijauan. Warna tersebut terbentuk dari FeO, MgO, dan juga aluminat yang ada di dalam kiln. Warna semen tersebut dipengaruh kadar MgO, yang mana makin tingginya kandungan MgO, maka warna pada semennya akan jadi lebih gelap, kandungan MgO yang tinggi bisa mengakibatkan semennya mudah sekali retak jika digunakan.
  • Cara penyimpanan semennya harus benar, sebab jika memang dilakukan secara sembarangan bisa menjadikan semennya jadi rusak, mudah keras, dan pada akhirnya tidak dapat digunakan lagi. Pertamanya adalah semennya harus Anda simpan di dalam ruang tertutup atau pun minimal bisa terlindungi sinar matahari dan hujan. Selain hal tersebut, permukaan lantainya pun juga harus datar dan juga rata serta tak langsung diletakkan di atas tanah, tapi dialasi dengan tripleks atau papan.

Nah, itulah tadi sekilas informasi tentang cara memilih semen yang bagus, yang bisa kami bagikan. Sedangkan untuk bahan pembangunan lain seperti besi, Anda bisa simak artikel ini, Cara Memilih Besi Beton yang Berkualitas. Semoga informasinya bisa bermanfaat ya.