Cara Memilih Batu Kali untuk Memperindah Rumah

Penggunaan batu kali atau pun batu alam untuk ornament rumah tinggal saat ini sudah semakin jamak digunakan, mulai dari dinding, lantai, sampai dengan ornament pilar. Warna serta jenisnya pun juga sangat beragam. Batu alam umumnya dipergunakan dalam unsur rumah sebagai dekorasi, baik interior atau pun eksterior rumah. Akan tetapi dalam hal penggunakannya, Anda lebih baik tidak sembarangan memasangnya. Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan jika Anda memang akan menggunakan batu kali ini untum rumah. Untuk itulah simak terus ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara memilih batu kali

Cara Memilih Batu Kali untuk Memperindah Rumah

Harus Anda ketahui terlebih dulu, bahwasannya batu kali ini mempunyai dua sifat, yakni solid dan non solid. Batu kali dengan sifat solid ini biasanya untuk elemen eksterior atau interior, yang mana jenis batu tersebut mempunyai sifat fisik yang kuat, padat, keras, dan juga tidak mudah patah.

Batuan jenis ini tidak menyerap air sebab tidak memilih pori atau pun bersifat porositas. Sebab tak menyerap air, selain itu jenis batu solid tersebut juga tidak mudah berlumut. Karena tidak ada ruang untuk udara dan air masuk. Oleh karenanya, batu kali solid tepat untuk diterapkan apda eksterior rumah.

Beda halnya dengan batu non solid yang lebih tepat untuk dipergunakan pada bagian interior rumah. Karakteristik batu non siolid ini diantaranya lembut, mudah sekali dibentuk, dan juga bersifat porisitas. Batu tersebut mudah menyerap air serta memiliki celah udara serta air untuk masuk, sehingga mudah sekali berlumut.

Apabila dilihat dari segi warnanya, kedua jenis batu tersebut mempunyai ciri yang berbeda. Batu non solid umumnya berwarna cerah dan juga lebih menarik oleh sebab itulah tidak sedikit pemilik rumah yang terdorong untuk menerapkan batu tersebut untuk eksterior rumahnya.

Menerapkan batu non solid untuk eksterior rumah ini memang tidak masalah, asal Anda telaten dalam merawatnya batuan ini mempunyai sifat yang sensitive pada cuaca, dengan begitu Anda harus lakukan coating pada batuan tersebut. Selain itu, Anda juga harus menyerasikan dengan gaya atau desain rumah Anda. Serasi di sini dimaksudkan adalah disesuaikan dengan gaya maupun tema rumah tinggal Anda.

Demikianlah tadi informasi tentang cara memilih batu kali untuk memperindah rumah. Baca juga artikel lain mengenai Contoh Desain Taman Depan Rumah dengan Kerikil.

Tags: