Desain Rumah Sederhana

Tips Memilih Partisi atau Pembatas Ruangan Temporer

Sebuah pembatas ruang adalah bidang vertikal yang membatasi dua bagian ruang. Yang biasanya berfungsi sebagai pembatas antara ruang satu dengan yang lain. Menurut desainer interior, sebuah pembatas ruang dapat berfungsi sebagai pembeda ruang berdasarkan kegiatannya, misalnya ruang makan dan juga ruang tamu. Tak hanya itu, sebuah partisi juga bisa membuat ruang menjadi lebih privasi yang sifatnya perlu di jaga dari pandangan orang umum, dalam arti partisi mampu membatasi aktivitas tertentu sehingga tidak terganggu oleh hal – hal lain.

Selama ini kita telah sering mengetahui mengenai penggunaan sebuah pembatas ruangan. Namun, yang lebih sering digunakan adalah sebuah pembatas ruangan yang bersifat permanen, seperti misalnya dinding batako maupun batu bata. Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada berbagai macam pembatas ruang yang terbuat dari beragam material. Beragam pembatas ruang seperti ini juga dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena itulah bahan yang dipilih ini bukanlah sekadar untuk membatasi atau menyekat sebuah ruangan saja tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai unsur dekorasi pada ruangan rumah Anda.

model desain rumah sederhana 02
model desain rumah sederhana 02
model desain rumah sederhana 01
model desain rumah sederhana 01

Bila Anda menginginkan untuk membuat sebuah pembatas ruangan yang bersifat sementara, maka sebaiknya Anda dapat menggunakan pembatas yang sifatnya mudah digerakkan atau dapat dipindah – pindahkan (moveable) pada waktu Anda memerlukan ruangan yang lebih luas seperti semula sebelum di pasang pembatas ruangan tersebut, atau Anda juga bisa menggunakan partisi yang sifatnya semi permanen. Karena dalam penggunaan pembatas tersebut mudah dibongkar dan di pasang, sehingga tidak mengganggu atau mengorbankan sirkulasi cahaya dan sirkulasi udara pada ruangan tersebut.

Pembatas ruangan temporer yang sering disebut partisi atau bukan, bisa dibedakan dari bentuknya. Dan dapat di bedakan pula dari material yang dipakai, beda materialnya maka beda juga fungsinya. Contohnya, material yang digunakan untuk pembatas ruangan yang sifatnya permanen tidak sama dengan material yang dipakai pada jenis yang sifatnya temporer atau sementara.

Maka dari itu, sebuah pembatas ruangan dapat dikategorikan menjadi dua tipe, antara lain :

  • Yang pertama adalah pembatas ruangan yang sifatnya privasi tinggi dan menengah, untuk membatasi ruangan yang mengutamakan privasi tinggi, seperti pada ruang tidur dan ruang kerja, maka Anda dapat menggunakan material sebuah pembatas yang sifatnya solid, kemudian padat dan juga tidak transparan.
  • Selain menggunakan material – material tersebut, sebagai pemisah Anda bisa juga memakai perabotan yang lainnya dan dapat Anda manfaatkan dengan fungsi yang sama. Misalnya, menggunakan furnitur atau perabot yang memiliki sisi dua arah hadap. Biasanya, perabotan seperti ini juga dipakai untuk memisahkan antara ruang tamu dengan ruang keluarga.

Ketika Anda menggunakan Pembatas Ruang atau yang sering di sebut dengan partisi, maka ada beberapa aspek yang harus diperhatikan sebelum Anda  mengaplikasikan pembatas ruang partisi tersebut. Antara lain :

  • Pertama adalah anggaran.
    Anggaran tidak hanya terkait dengan pembelian partisi yang sudah jadi saja. Melainkan proses pemasangannya juga perlu diperhatikan. Setelah itu, bisa lanjutkan dengan mengukur ruangan Anda yang hendak diberi partisi. Yang bertujuan untuk mengurangi kesalahan dalam membangun partisi.
  • Kedua, buatlah desain yang sesuai dengan keinginan atau konsep yang akan Anda tampilkan.
  • Ketiga yang perlu diperhatikan yaitu proses pemilihan jenis material partisi yang akan Anda gunakan. Partisi dibedakan menjadi dua yaitu permanen dan tidak permanen. Apabila partisi yang sifatnya tidak permanen, usahakan keberadaannya tidak merusak elemen ruang yang lainnya seperti dinding dan lantainya. Untuk yang bersifat permanen, seharusnya Anda sudah membuat perencanaan lebih awal yang matang.
  • Yang terakhir yaitu, perhatikan juga material finishingnya yang sesuai dengan konsep desain ruangan Anda. Setelah itu Anda juga wajib mengharmonisasikan keberadaan partisi tersebut dengan furnitur yang ada di dalam ruangan, agar tetap sejalan. Dalam hal ini, Anda dapat mencoba dengan menyamakan karakter materialnya. Selain itu ada juga alternatif lain, misalnya dengan menyamakan karakter warnanya.

Model – Model Lemari Gantung Pada Dapur Minimalis

model desain rumah sederhana 03
model desain rumah sederhana 03
model desain rumah sederhana 04
model desain rumah sederhana 04
model desain rumah sederhana 05
model desain rumah sederhana 05

Pada sebuah dapur memang terkesan sangat ganjil apabila tidak adanya sebuah furniture seperti lemari dapur misalnya. Karena pada lemari dapur sangatlah banyak kegunaannya mulai dari menghindari tidak tertatanya sebuah ruangan hingga untuk penyimpanan barang – barang perabotan dapur Anda. Selain itu perlu Anda ketahui pula bahwa lemari dapur ini memiliki bentuk – bentuk atau model – model yang berbagai macam desain. Mulai dari unik, klasik, modern, hingga minimalis.

model desain rumah sederhana 06
model desain rumah sederhana 06
model desain rumah sederhana 07
model desain rumah sederhana 07

Apapun pilihan perabot untuk dapur, tentu harus Anda disesuaikan juga dengan konsep dapur itu sendiri. Misalnya jika pada dapur menggunakan desain yang bergaya minimalis, dengan sendirinya maka pilihan perabot didalamnya juga harus dengan gaya milimalis. Bahkan tidak hanya untuk jenis perabot tertentu saja, mulai dari penempatan tempat makan, kemudian tempat memasak, hingga juga perabot untuk menyimpan peralatan dapur yang juga harus bersifat minimalis. Selain itu juga dengan lemari pada sebuah ruangan dapur, perabot yang satu ini juga perlu Anda menyesuaikan dengan konsep dapur minimalis. Dalam hal ini sebuah lemari dapur minimalis bisa juga dikatakan lemari yang didesain untuk mengutamakan fungsi, sehingga bukan memprioritaskan ukuran dan dekorasinya saja. Dengan demikian dapur tidak sampai kehilangan karakter aslinya dengan penampilan perabot yang juga serba minimalis tersebut.

Maka dari itu, kesempatan kali ini artikel kami akan membahas mengenai model – model lemari dapur khususnya bergaya minimalis.

  • Model-Model Lemari Gantung Di Dapur Minimalis adalah salah satu perlengkapan yang harus dimiliki oleh setiap dapur rumah khususnya yang bergaya minimalis. Fungsi dari lemari itu sendiri adalah sebagai toko peralatan memasak dan penyimpanan bahan barang pecah belah seperti piring kaca dan fungsi lainnya, hingga perabotan dapur lainnya agar tetap awet dan tidak cepat berdebu, selain menggantung sebuah lemari dengan bentuk minimalis juga tidak kalah menarik apabila Anda dan keluarga pintar dalam peletakan tata ruang yang ada. Karena peletakan lemari dapur itu sendiri juga dapat menambah nilai estetika, mempercantik dan dapat memberikan kesan karakter tersendiri di ruang dapur Anda.
  • Sebuah ruang dapur yang ideal pastinya tidak jauh dalam peletakan lemari dapur minimalis yang bersifat multifungsi, selain berfungsi untuk menyimpan persediaan makanan, bentuk minimalis dari lemari dapur juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan – bahan dan juga peralatan dapur lainnya yang tidak mudah berdebu dan membosankan. Lemari dapur memiliki daerah dan fungsi yang efisien, sehingga terancang agar tidak mengganggu area memasak, karena posisinya ditempatkan di atas meja dapur.
  • Berbagai model – model dan desain dari lemari gantung pada dapur minimalis berikut ini akan mencoba untuk membantu Anda dalam menentukan sebuah pilihan model – model lemari gantung di dapur minimalis yang cocok dan sesuai dengan interior rumah Anda, mulai dari pemilihan desain serta saat pilihan yang baik dari segi warna lemari tersebut. Untuk pemilihan warna adalah satu hal yang sangat pentung untuk diperhatikan, karena dalam pemilihan warna yang nyaman, indah dan juga menyenangkan bagi penghuni rumah tersebut pastinya akan membuat Anda lebih nyaman pada saat melakukan aktivitas memasak. Untuk pemilihan warna yang cocok pada furniture interior dapur adalah warna yang tentunya kontras dengan warna dinding rumah Anda, pada warna yang paling mudah untuk dikombinasikan dengan warna lemari Anda adalah warna dinding putih. Dan itulah alasan mengapa desainer interior memilih menggunakan warna putih sebagai warna utama interior sebuah rumah. Itu karena pada warna putih adalah warna yang dapat dikombinasikan dengan warna apapun dan masih dapat terlihat harmonis dan juga indah. Namun kelemahan dari warna putih adalah dengan debu kotor yang terlalu cepat jika Anda tidak rajin membersihkan.

Demikianlah sedikit paparan dari artikel yang kami buat pada kesempatan kali ini, mengenai model – model lemari gantung yang ada di sebuah ruangan dapur minimalis, agar dapat Anda gunakan sebagai refrensi Anda dalam membuat atau melengkapi ruang dapur Anda di rumah. Semoga sukses dalam mengaplikasikan kreasi Anda dan kami ucapkan terima kasih.

Menata Kamar Tidur Anak Minimalis

model desain rumah sederhana 08
model desain rumah sederhana 08
model desain rumah sederhana 09
model desain rumah sederhana 09

Menata sebuah desain interior pada kamar tidur anak minimalis, ternyata tidaklah semudah apa yang telah diperkirakan oleh kebanyakan orang tua pada umumnya, karena ternyata dalam pembuatan kamar tidur anak khususnya perempuan terdapat beberapa pernak – pernik yang ternyata cukup membuat para orang tua sedikit bingung dalam mendesain sebuah kamar yang dapat di sesuaikan dengan karakter sang anak dan juga di sesuaikan dengan dunia mereka, dimana disitu tanpa kita sadari bahwa terdapat suatu unsur belajar dan bermain didalamnya. Jadi apabila selama ini Anda berpikir dengan memiliki rumah minimalis modern dengan otomatis bisa dengan mudah mendapatkan ide untuk membuat sebuah kamar tidur anak yang juga minimalis, namun disitu tetap memiliki sentuhan desain yang juga menarik, unik, riang, dan juga ceria.

Tips Menata Kamar Tidur Anak Minimalis yang Sederhana

model desain rumah sederhana 10
model desain rumah sederhana 10

Bila Anda menginginkan kamar tidur anak Anda dengan desain yang bergaya minimalis dan sederhana namun juga tidak memerlukan biaya yang banyak maka Anda dapat menyimak pembahasan beberapa tips  berikut ini yang perlu Anda ketahui, antara lain :

  • Berikan kombinasi warna pastel yang lembut dan cerah pada kamar tidur anak Anda, baik itu anak perempuan maupun laki-laki Anda. Karena hal ini dapat memberikan kesan yang ceria, riang, dan dinamis pada sebuah kamar mereka dan sekaligus menggambarkan sebuah karakter jiwa mereka.
  • Berikan tambahan elemen atau beberapa unsur warna tambahan dan motif yang menggambarkan tokoh kartun yang mereka favoritkan. Hal tersebut bisa Anda terapkan dengan berupa aksesoris maupun sebuah boneka.
  • Warna dasar sebuah kamar tidur yang paling baik adalah menggunakan warna biru langit untuk kamar anak lelaki Anda dan menggunakan warna pink untuk anak perempuan Anda, namun jika Anda menggunakan warna yang lain bisa juga Anda padu padankan sesuai selera anak Anda dengan karakternya.
  • Selain itu Anda perlu kombinasikan juga warna furniture pada kamar anak Anda dengan dinding kamarnya, agar tidak mematikan desain dan konsep dari keaslian kamar tidur anak Anda, dan juga terlihat lebih serasi. Sehingga lebih nyaman di pandang mata dan anak Anda bisa merasa lebih senang berada di dalam kamarnya.
  • Untuk pemberian warna pada lantai kamarnya, Anda bisa memberi tambahan dengan memakai warna yang berbeda, untuk memberikan kesan yang lebih ramai dan tentunya harus berbeda dengan penggunaan warna dinding kamar anak Anda, atau Anda juga bisa memilih sebuah karpet dengan bermotif ceria atau bergambar tokoh – tokoh kartun favorit mereka.

Selain ada konsep kamar tidur anak minimalis yang sederhan, tentunya juga ada pula konsep yang lebih menarik yang di desain lebih istimewa untuk anak Anda. Berikut ini dapat kami paparkan pula mengenai konsep kamar anak minimalis yang lebih istimewa.

Kamar Minimalis Anak yang Lebih Istimewa :

model desain rumah sederhana 11
model desain rumah sederhana 11
  • Bila pada saat Anda menata desain interior untuk kamar tidur minimalis sang buah hati Anda, maka agar bertambah tingkat menjadi istimewa Anda dapat memberikan beberapa tambahan seperti pada berikut ini adalah desain interior pada kamar tidur anak perlu ditambahkan, sehingga dapat membuat perasaan anak menjadi merasa lebih betah untuk berada didalam kamarnya yaitu dengan cara memberikan cat bergambar atau bermotif khusus bentuk tokoh – tokoh kartun kesukaannya. Atau Anda juga bisa memanfaat stiker wallpaper untuk mendapatkan corak yang lebih menarik.

Dengan demikian maka anak  Anda akan merasa masuk kedalam dunia impiannya saat mereka berada dalam kamarnya. Namun hal ini tentunya hanya untuk Anda yang memiliki uang yang lebih, bila tidak jangan pernah untuk memaksakan untuk melakukan hal ini, karena jangan sampai Anda menghabiskan banyak uang yang hanya untuk desain interior sebuah kamar anak Anda, padahal sebenarnya masih ada beberapa keperluan lain yang lebih penting. Jadi kuncinya adalah jadilah Anda orang tua yang cerdas agar bisa menciptakan anak yang cerdas pula kelak.

Ide Pemilihan Gorden Rumah Minimalis Untuk Mendukung Sisi Elegan Hunian

model desain rumah sederhana 12
model desain rumah sederhana 12

Memiliki sebuah rumah dengan gaya minimalis pastinya juga membutuhkan tambahan aksen interior baik berupa aksesoris menarik yang akan memberi kesan lebih pada tampilan hunian Anda. Mulai dari pernak – pernik, guci, bunga ataupun hiasan lainnya juga penting untuk dipikirkan sebagai bagian dari desain rumah minimalis itu sendiri.

Akan tetapi dari semua aspek aksesoris menarik yang terdapat di dalam sebuah desain rumah minimalis, yang kerap kali menjadi sorotan masyarakat adalah hiasan jendela yang tampak dari arah luar ataupun dari arah dalam. Bahkan elemen dekoratif sekaligus fungsional seperti gorden rumah minimalis juga dapat menjadi penghias jendela dan menambah kesan indah pada sisi ruangan. Disini peranan gorden memang sangat penting dan tidak boleh diduakan karena gorden sendiri ada banyak fungsinya. Selain mengurangi efek matahari ketika panas terik tiba sekaligus dapat menjaga privasi pemilik rumah. Dan berikut ini ide pemilihan gorden rumah minimalis yang bisa Anda coba.

Ide Pemilihan Gorden Rumah Minimalis

Ada bermacam ide pemilihan gorden rumah minimalis yang bisa Anda jadikan pilihan. Dan khusus untuk rumah minimalis, ada beberapa pilihan gorden yang paling cocok untuk rumah minimalis Anda, diantaranya :

Gorden Rumah Minimalis Bermotif Vertikal

Memiliki rumah dengan konsep minimalis, tentu saja semua aspek yang ada didalamnya juga harus dipilih dengan konsep minimalis pula. Karena jika memiliki rumah dengan konsep minimalis tetapi menerapkan ornamen rumit akan terlihat janggal.

Termasuk gorden juga harus Anda pilih dengan kesan minimalis. Gorden rumah minimalis yang memiliki motif vertikal bisa Anda coba gunakan. Pilih warna gorden motif vertikal ini yang senada dengan warna ornamen, furniture atau warna cat dindingnya.

Gorden Minimalis Motif Vintage

Rumah minimalis Anda didesain dengan konsep vintage? Maka gorden minimalis motif vintage bisa Anda pilih. Coba pilih motif vintage berupa motif floral kecil atau motif vintage batik sederhana pastinya rumah minimalis Anda akan semakin ideal.

Gorden Minimalis Motif Polos

Gorden minimalis dengan motif polos merupakan pilihan favorit di rumah minimalis karena sangat mudah disesuaikan dengan tema ruangan. Jika Anda memilih gorden minimalis motif polos, maka Anda bisa lebih leluasa dalam memilih motif untuk dekorasi yang lainnya. Anda juga bisa mencerminkan rumah minimalis dengan konsep terbaiknya dengan memilih gorden rumah minimalis polos ini. Sofa bermotif, karpet bermotif, ataupun ataupun dinding berornamen sangat cocok disandingkan dengan gorden polos.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda mengenai Ide Pemilihan Gorden Rumah Minimalis. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan selamat berkreasi dengan pemilihan gorden rumah minimalis yang tepat.

Tips Menghiasi Rumah Minimalis Dengan Karpet

model desain rumah sederhana 13
model desain rumah sederhana 13

Rumah minimalis memang tiada matinya. Sejak beberapa tahun lalu sampai di era 2016 ini rumah minimalis masih saja menjadi ide hunian terbaik yang layak dijadikan pilihan terbaik tentang desain rumah oleh masyarakat modern.

Mungkin anda juga berminat untuk memiliki sebuah rumah dengan desain minimalis?

Tentu sangat menyenangkan memiliki rumah modern dengan desain minimalis. Jika memang anda tertarik untuk memiliki rumah modern dengan desain minimalis, ide desain yang bisa anda coba yaitu ide desain rumah minimalis dilengkapi dengan karpet.

Akan tetapi satu hal yang harus anda ingat, bahwa dalam memilih karpet tidak boleh asal – asalan. Anda harus memilih karpet secara selektif. Anda juga wajib menentukan karpet dengan tema dan juga warna yang senada dengan ruang di rumah minimalis anda.

Nah, disini kami akan berikan informasinya untuk anda mengenai tips untuk menghiasi rumah minimalis dengan karpet. Yuk simak informasinya!

Tips Menghiasi Rumah Minimalis Dengan Karpet

model desain rumah sederhana 14
model desain rumah sederhana 14

Bagi anda yang berniat menghiasi rumah minimalis dengan karpet, tips pertama yang bisa anda terapkan yaitu :

Lokasi Dimana Anda Akan Meletakkan Karpet

Ini adalah poin yang sangat penting diperhatikan. Dimana anda akan meletakkan karpet? Dengan mengetahui letaknya anda bisa membayangkan karpet seperti apa yang akan anda pilih dan tentunya cocok dengan ruangan di rumah minimalis anda.

Misalkan saja anda akan memilih karpet di ruang tamu. Tentu akan berbeda dengan karpet yang cocok untuk digunakan di ruang kamar tidur. Untuk karpet yang cocok diletakkan di ruang tamu adalah karpet yang mudah dibersihkan dan tidak mudah ditempeli debu sehingga tidak membuat anda harus sering – sering membersihkannya. Karpet berbahan tebal juga bisa anda pilih agar nyaman dikenakan. Kalau perlu pilih karpet dengan warna yang hangat.

Perhatikan Luas Ruangan

Memilih karpet tanpa memperhatikan luas ruangan sama halnya dengan bunuh diri J Jika ruangan anda cukup luas, tentu anda akan bisa lebih leluasa untuk memilih karpet. Tetapi jika anda punya ruangan yang cukup sempit, upayakan anda memilih karpet yang pas untuk papan meja saja. Karpet yang kecil dan imut lebih cocok dalam hal ini.

Sesuaikan Warna Karpet Dengan Tema Ruangan

Ini bukan berarti anda harus memasang karpet dengan warna yang sama persis dengan warna ruangan anda. Akan tetapi anda harus bisa menyesuaikan warna yang senada. Memilih karpet dengan warna yang berbeda juga bisa anda coba akan tetapi upayakan masih dalam kesatuan tema yang sama.

Itulah sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi diatas mengenai Tips Menghiasi Rumah Minimalis Dengan Karpet bermanfaat. Selamat bereksperimen untuk menghiasi rumah minimalis anda.

desain rumah sederhana, desain rumah minimalis sederhana, desain rumah sederhana 6×12, desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya, gambar desain rumah sederhana, desain rumah sederhana 3 kamar, desain rumah kayu sederhana, desain rumah sederhana minimalis, desain rumah sederhana tapi mewah, desain rumah sederhana 2 lantai, desain rumah sederhana tapi elegan, desain rumah toko minimalis sederhana, desain rumah unik sederhana, desain rumah 2 lantai sederhana