Efek Rumah Kaca

Efisiensi Pemanfaatan Lahan Dengan Konsep Rumah Minimalis Lantai 2

Model rumah minimalis memang menjadi pilihan masyarakat di zaman sekarang dalam membangun sebuah rumah. Banyak komplek perumahan yang memang saat ini sengaja menyediakan unit hunian dengan model rumah minimalis.

Mungkin Anda juga ingin membangun sebuah rumah dengan konsep minimalis? Ada banyak desain rumah minimalis yang bisa Anda jadikan pilihan. Dan ada banyak juga ciri – ciri dari rumah minimalis. Namun pada intinya rumah minimalis sebenarnya merupakan sebuah rumah yang lebih mengutamakan kesederhanaan dan ketepatan dalam pemakaian ruangan. Karena itu dalam hal membangun rumah minimalis, harus dipikirkan juga bagaimana efisiensi pemanfaatan lahan dengan konsep rumah minimalis lantai 2. Apapun tipe rumah yang Anda bangun, Anda harus memikirkan hal ini. Dan berikut ini informasi lengkapnya untuk Anda!

Langkah Efisiensi Lahan Rumah Minimalis 2 Lantai

Contoh Desain Fasad Rumah Minimalis Ala Eropa
Contoh Desain Fasad Rumah Minimalis Ala Eropa

Bagi Anda yang ingin mencoba memberikan efisiensi lahan rumah minimalis 2 lantai, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Berikut ini informasinya!

Rumah Minimalis 2 Lantai Tipe 36

Sebagai langkah efisiensi pemanfaatan lahan memang rumah minimalis 2 lantai sangat disarankan. Rumah tipe 36 dengan 2 lantai sangat cocok karena akan sangat efisien untuk rumah tinggal di era modern ini. Jika rumah minimalis 1 lantai biasanya hanya terdapat 1 kamar utama, 1 kamar anak, ruang tamu dan ruang makan serta dapur, maka untuk rumah minimalis tipe 36 2 lantai, Anda bisa berikan 1 kamar utama, 2 kamar anak, ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi 2 ruang. Tentunya ini akan sangat efisien dan efektif sebagai ruang tempat tinggal Anda bersama keluarga. Kamarpun juga bisa Anda pindahkan ke lantai 2 dan memanfaatkan ruangan di lantai 1 dengan lebih luas. Sekat bisa juga Anda tambahkan untuk mempertegas batas ruangan.

Rumah Minimalis 2 Lantai Tipe 45

Rumah dengan tipe 45 biasanya berupa penempatan untuk kamar tidur dan area privat di lantai 2 dan ruangan lainnya yang diletakkan di lantai 1. Tipe rumah minimalis 45 ini serung juga diidentikkan dengan penggunaan sekat dalam pembatasan ruangan. Jadi tidak terlalu banyak tembok disini. Selain itu penambahan ruangan juga memungkinkan untuk ditambahkan. Dengan rumah minimalis tipe 45 2 lantai, Anda juga bisa mencoba mengatur tata letak perabotan agar menjadi lebih rapi dan juga teratur.

Rumah Minimalis Tipe 60

Bagaimana ya efisiensi lahan untuk rumah minimalis tipe 60? Jangan khawatir. Dengan rumah minimalis tipe 60, Anda tidak perlu bingung karena takut tidak cukup dalam mendesain ruangan karena ada banyak ruang kosong yang bisa Anda gunakan. Tetapi jangan bingung juga meletakkan dimana ruangan – ruangannya nanti baik di lantai 1 dan lantai 2. Karena itu sangat dibutuhkan denah untuk efisiensi ruang pada rumah minimalis tipe 60 supaya tidak terjadi pembangunan yang kurang memuaskan.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda mengenai Langkah Efisiensi Lahan Rumah Minimalis 2 Lantai. Semoga bisa menjadi inspirasi positif untuk Anda.

Pertimbangkan Aspek Ini Sebelum Memilih Bentuk Atap Untuk Rumah Minimalis

Desain Jendela Rumah Modern Terbaru
Desain Jendela Rumah Modern Terbaru

Dalam membangun sebuah rumah tidak boleh dibangun dengan asal – asalan. Setiap aspek yang melengkapi rumah harus dipikirkan dengan seksama. Termasuk juga mengenai bentuk atapnya harus dipikirkan dengan seksama.

Karena sebuah rumah yang dibangun tidak hanya perlu memancarkan keindahan dan kesan damai tetapi juga harus memiliki fungsi yang seharusnya, yaitu sebagai tempat untuk berlindung dan berteduh bersama anggota keluarga.

Dalam kaitannya dengan bentuk atap, yang harus diperhatikan adalah konstruksi atap. Konstruksi atap merupakan elemen penting dan harus dibuat sekokoh mungkin. Mengenai bentuknya sendiri ada bermacam – macam. Tentunya anda harus pilih sesuai dengan model rumah yang akan anda bangun. Disini kami akan berikan uraian informasinya untuk anda mengenai aspek apa saja yang harus diperhatikan sebelum membuat dan memilih bentuk atap untuk rumah minimalis. Yuk simak uraiannya di bawah ini!

Aspek yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Bentuk Atap Untuk Rumah Minimalis

desain rumah minimalis 2 lantai type 45 terbaru dengan pintu kaca dan penataan jendela yang keren
desain rumah minimalis 2 lantai type 45 terbaru dengan pintu kaca dan penataan jendela yang keren

Dalam memilih bentuk atap, tentunya harus disesuaikan dengan tipe rumah anda. Misalnya anda akan membangun sebuah rumah minimalis sederhana, anda bisa menggunakan bentuk atap datar atau bentuk atap standar.

Selain itu, ada beberapa aspek juga yang harus anda pertimbangkan dalam memilih bentuk atap untuk rumah minimalis salah satunya adalah :

Pertimbangan Cuaca

Seperti apakah cuaca di daerah sekitar tempat yang akan anda bangun rumah? Ya, sebelum anda membangun sebuah rumah, anda juga perlu untuk mempertimbangkan cuaca yang ada disana. Apakah cuacanya panas ataupun cuacanya cenderung dingin.

Tentunya anda ingin rumah senantiasa sejuk dan tenang didalam rumah. Jika memang anda tinggal di daerah yang panas tetapi ingin suasana rumah yang sejuk dan tenang, anda bisa mulai memilih bentuk atap pelana.

Bentuk atap pelana sendiri terdiri dari 2 bidang miring yang berpotongan di tengahnya, kebanyakan orang menyebut sebagai bubungan. Kemiringan atap bisa 30 sampai dengan 45 derajat. Keunggulan rumah tidak akan terasa cepat panas dan pemeliharaannya juga akan lebih mudah.

Sementara bagi anda yang akan membangun sebuah rumah di daerah yang punya cuaca dingin, bentuk atap rumah yang akan sangat cocok dengan anda yaitu bentuk atap datar. Jangan lupa untuk memberikan tempat keluarnya air agar tidak ada air yang menggenang di atap ketika terjadi hujan nantinya. Dengan begini rumah anda bisa terasa hangat.

Pertimbangkan Model Rumah

Selain cuaca, yang juga harus anda perhatikan adalah soal model rumah. Seperti apa model rumah anda, apakah model rumah anda merupakan model rumah minimalis berkonsep vintage ataukah modern. Karena model atap rumah yang cocok dengan konsep model rumah vintage akan berbeda dengan konsep model atap rumah yang cocok dengan konsep model rumah modern.

Nah, itulah sedikit uraian informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi diatas mengenai Aspek yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Bentuk Atap Untuk Rumah Minimalis bermanfaat.

Hal-hal Penting Dalam Memilih Bentuk Atap Rumah Minimalis

desain rumah sederhana type 36
desain rumah sederhana type 36

Konstruksi atap sebuah rumah adalah salah satu bagian terpenting, yang tidak boleh dibuat asal-asalan. Mengapa? Sebab, atap rumah ini sama halnya sebagai pelindung rumah dari hujan atau pun panas, tentunya harus kuat dan kokoh.

Bentuk atap rumah minimalis yang sangat bervariasi, Anda dapat memilih model atap perisai atau pun bentuk atap pelana. Yang mana bentuk atap rumah minimalis ini dapat disesuaikan dengan type rumah Anda.

Sebagai contoh pada rumah type minimalis sederhana yang telah mengunakan bentuk atap datar atau pun bentuk atap standar. Memilih bentuk atap rumah, selain harus disesuaikan dengan type rumahnya, juga harus disesuaikan dengan kondisi cuaca di daerah Anda.

Hal-hal penting dalam memilih bentuk atap rumah minimalis

Desain Rumah Unik Sederhana
Desain Rumah Unik Sederhana

Pada bentuk atap rumah minimalis sederhana ini misalnya saja, Anda mungkin salah satu pemilik dari rumah minimalis yang didesain sederhana. Atap rumah minimalis sederhana dapat berupa atap perisai, untuk memberikan kesan rumah lebih mewah. Model atap perisai ini dapat dibentuk dengan kemiringan 35 derajat dan terdiri atas 4 sisi bidang, 2 bidang bentuk segitiga, dan 2 bidang lagi bentuk trapesium.

Sedangkan untuk bentuk atap rumah minimalis modern, jenis atap yang cocok digunakan adalah kombinasi bentuk datar dengan perisai. Atap bentuk datar yang digunakan untuk bagian teras rumahnya, dan pada bagian belakang rumahnya, Anda bisa memodifikasi dengan bentuk perisai. Bentuk atap datar biasanya menggunakan bahan beton. Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari atap datar ini, yakni untuk duduk santai sembari memandang alam sekitar.

Bentuk atap rumah minimalis sesuai cuaca

Gambar Model Rumah Minimalis 2 Lantai
Gambar Model Rumah Minimalis 2 Lantai

Rumah minimalis untuk cuaca panas

Cuaca panas cenderung terjadi di kota-kota, pastinya Anda akan menginginkan kesejkan serta ketenangan di dalam rumah. Anda bisa memilih bentuk atap pelana. Sebab, bentuk atap pelana yang terdiri atas 2 bidang miring yang berpotongan ditengah, kebanyakan orang menyebutkannya sebagai bubungan. Keunggulan dari rumah dengan atap seperti ini, rumah tidak akan terasa cepat panas.

Rumah minimalis untuk cuaca dingin

Sedangkan untuk jenis atap pada rumah minimalis yang ada di daerah dingin seperti halnya di pegunungan atau pun puncak, lebih umum menggunakan bentuk atap datar. Tetapi jangan lupa untuk memberika sedikit lubang sebagai tempat keluarnya air saat terjadi hujan. Dengan nentuk atap seperti ini, rumah akan terasa lebih hangat.

Selain dengan memperhatikan bentuk-bentuk atapnya, Anda juga harus menyesuaikan bentuk atap rumah minimalis dengan bahannya. Bahan asbes atau pun genteng merupakan pilihan untuk bentuk atap pelana dan perisai, sedangkan bahan beton, genteng aspal dan perpaduan antara bambu dengan beton, adalah pilihan untuk bentuk atap datar.

Mempercantik Dinding Exterior Rumah Minimalis Dengan Menggunakan Batu Alam

gambar rumah kaca sederhana tampak depan
gambar rumah kaca sederhana tampak depan

inding bagian depan rumah merupakan bagian yang paling utama di lihat oleh para pengunjung atau yang melintas di depan rumah Anda. Oleh karena itu, Anda perlu membuat dinding bagian depan rumah dengan semenarik mungkin. Agar dinding exterior rumah nampak menarik, Anda perlu mempelajari tips-tipsnya. Mulai dari penggunaan bahan seperti dari batu alam, roaster, keramik, kaca, kayu, hingga logam, namun Anda tetap memberikan kombinasi warna yang dapat menghidupkan dinding depan rumah Anda.

Berbagai bahan material dapat dipilih dan digunakan untuk dapat menciptakan aksen menarik, setelah Anda menentukan bahan materialnya dan paduan warna yang tepat selanjutnya Anda menata sedemikian rupa agar dapat menghadirkan tampilan yang menarik bagi yang melihatnya. Dan dapat meningkatkan nilai estetika dari sebuah bangunan dinding exterior tersebut. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut memang membutuhkan keahlian khusus, mulai dari pendesainan, pemilihan bahan material yang tepat, hingga penataan yang kreatif. Agar kesatuan tema tetap dipertahankan, kemudian model yang dipilih bisa seirama dan juga menyatu dengan lingkungannya. Sentuhan kreatif inilah yang dapat menciptakan kesan yang indah, menarik, dan tidak terlupakan.

pencahayaan rumah minimalis
pencahayaan rumah minimalis

Berikut ini ada beberapa tips dalam mengolah dan mempercantik dinding pada bagian depan (eksterior) bangunan rumah:

  • Dalam pemilihan material yang digunakan sebaiknya juga disesuaikan dengan karakter bangunan yang ingin diciptakan.
  • Sesuaikan pula materiar yang tepat untuk digunakan pada dinding exterior. Misalnya Anda bisa menggunakan batu paras, roaster, atau batu bata, dan batu alam lainnya.
  • Anda juga perlu memperhatikan ketahanan cat warna dindingnya dari sinar matahari. agar warna keaslian batu alam tersebut tetap terjaga dari akibat sinar matahari, Anda dapat memberikan lapisan coating pada material yang digunakan.
  • Selain Anda memperhatikan faktor keindahannya, Anda juga perlu memperhatikan dari segi fungsinya. Apabila Anda menginginkan material dekoratif dan sekaligus fungsional, maka roaster merupakan salah satu yang memiliki manfaat dari keduanya. Selain sangat cantik untuk dipasang pada bagian eksterior dan juga berfungsi sebagai ventilasi atau sirkulasi udara di dalam bangunan tersebut.
  • Selanjutnya yaitu mengoptimalkan elemen eksterior untuk menciptakan kesatuan tampilan terhadap bangunan dan lingkungan.

Berikut ini juga ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam proses pemasangan batu alam pada bagian dinding exterior rumah minimalis Anda :

  • Dalam pemasangan batu hias atau batu alam bisa dilakukan dengan pola vertikal, kemudian horisontal ataupun juga dengan pola diagonal, namun khusus untuk pemasangan pola diagonal sebaiknya Anda menggunakan batu dengan ukuran yang tingkat presisinya tinggi.
  • Dan akan lebih cantik bila dalam pemasangannya Anda dapat mengkombinasikan antara batu polos dengan batu berornamen ukiran, karena batu berornamen ini banyak tersedia di pasaran dan harganyapun relatif murah.
  • Hindari terlalu banyak penggunaan kombinasi batu alam pada bidang dinding yang sama, terkecuali bidang yang ada memang luas.
  • Bila Anda memakai kombinasi batu alam yang berbeda, namun Anda harus sebisa mungkin untuk memakai batu alam yang memiliki kesamaan warna yang hampir mirip, karena ini akan membuat kesan seolah olah Anda tidak mengganti pada warna batu alam tersebut. Misalnya Anda dapat menggunakan batu paras Yogya yang di kombinasikan dengan batu Palimanan putih, atau menggunakan batu templek Purwakarta dengan batu Cirebon.
  • Sesuaikan juga jenis batu hias atau batu alam yang dipakai tersebut tetap menunjang dengan gaya arsitektur bangunan rumah Anda. Kemudian jangan lupa juga untuk membersihkan dahulu bidang yang akan di pasang dari kotoran, demikian juga dengan bahan yaang akan di pasang. Batu sebaiknya direndam terlebih dahulu sebelum di lakukan pemasangan, dan perlu Anda ketahui bahwa batu alam relatif berat sehingga dalam pemasangannya perlu perlakuan khusus.

Demikian artikel ini tentang mempercantik dinding eksterior rumah minimalis dengan menggunakan batu alam, karena pada bagian exterior merupakan salah satu cermin dari kepribadian pemilik rumahnya yang dilihat oleh pengunjung dan orang yang melintas di depan rumah tersebut. Semoga bermanfaat bagi Anda dalam mempercanti dinding exterior rumah Anda dan selamat untuk lebih berkreasi.

Aneka Model Desain Partisi Ruangan Minimalis

model desain rumah minimalis 2 lantai modern sederhana
model desain rumah minimalis 2 lantai modern sederhana

ada saat ini pada rumah bergaya minimalis sangat membutuhkan sebuah furniture yang sering di sebut dengan partisi. Partisi ini berfungsi sebagai pembagi pada sebuah ruangan yang pada umumnya berukuran luas. Sehingga dapat membagi sebuah ruangan tersebut menjadi beberapa bagian. Selain untuk membagi sebuah ruangan, partisi ini juga berguna untuk menutupi daerah atau ruangan yang di anggap privasi oleh pemiliknya, sehingga tidak dapat terlihat dari ruang umum tersebut. Namun dengan adanya perkembangan jaman seperti saat ini, partisi juga di gunakan sebagai furniture pelengkap di sebuah ruangan oleh pemilik rumahnya. Maka dari itu saat ini sering Anda lihat di pasaran sebuah partisi dengan bentuk model dan desain yang beraneka ragam. Mulai yang unik, klasik, modern hingga minimalis.

Oleh sebab itu kami pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai aneka model desain partisi ruangan minimalis, yang dapat anda gunakan sebagai acuan pilihan Anda. Berikut ini penjelan dari kami. Partisi yang di gunakan sebagai pembagi ruangan tersebut adalah bersifat portable dan fleksible. Pada sebuah konsep rumah bergaya minimalis terdapat sebuah ide yang mendesain ruangan agar di buat seminim mungkin dan di bangun tembok – tembok di dalam rumah. Selain mengurangi segi biaya juga bertujuan untuk mendesain bagaimana cara membuat sebuah rumah yang memiliki tata letak ruangan yang legah, luas dan fleksible. Kemudian dari sisi estetika dan keindahannya interior ruangnya pun dapat di maksimalkan, karena pada saat ini model – model dari partisi itu sendiri pun cukup apik dan juga sedap di pandang mata. Dan salah satu kelebihan menggunakan partisi ini adalah sirkulasi udara pada sebuah ruangan pun menjadi lebih baik, karena pada umumnya pemakaian partisi ini tidak full hingga ke langit – langit ruangan, melainkan hanya setengahnya saja.

Agar Anda semua tidak semakin penasaran seperti apa model – model partisi yang akan kami sajikan kepada Anda untuk di jadikan refrensi pada rumah Anda, berikut paparannya :

  • Sebuah partisi yang berbahan dasar kayu dan di dominasi dengan bahan material kaca, namun terdapat desain untuk sediakan tempat tang dapat di letakan furniture lainnya, sehingga dapat di manfaatkan sebagai rak.
  • Model partisi pada sebuah kantor, dengan ukuran ruang yang tidak terlalu luas sehingga sangat tepat dengan memanfaatkan sebuah partisi yang menyekat antara ruang tamu pada kantor dengan ruang kerja kantor. biasanya di dominasi dengan bahan dasar fiber atau gypsum.
  • Partisi lipat yang di tempel pada dinding tembok, yang terbuat dari bahan dasar kaca yang di kombinasi dengan kayu pada lapisan tepinya. Partisi ini biasanya digunakan untuk pembagi pada ruang tamu atau ruang keluarga dengan ruang makan.
  • Sebuah oembatas atau partisi model terbuka sangatlah banyak manfaatnya, dengan partisi berbahan dasar kayu dan transparan atau berlubang sehingga sirkulasi udara pada sebuah ruangan tersebut pun terasa sejuk. Karena partisi tersebut dari kayu yang di pasang seperti tiang penyangga atap langit – langit.
  • rumah minimalis Linne Studio
    rumah minimalis Linne Studio

Saran dari kami dalam  membuat ruangan yang minimalis dengan memanfaatkan sebuah partisi memang sangatlah banyak keuntungannya. Namun Anda pun harus dapat memilih partisi yang cocok dan tepat pada ruangan Anda, baik mulai dari ukurannya, kemudian penyesuaian konsep dari sebuah rumah Anda khususnya pada ruangan yang di letaki partisi tersebut, hingga model atau desain dan corak warna yang juga perlu Anda perhatikan agar sesuai atau matcing dengan situasi pada loakasi ruangan yang penempatan sebuah partisi tersebut.Namun sesuai dengan perkembangan jaman seperti saat ini partisi juga dapat di pesan agar model atau desainnya dapat di sesuaikan dengan karakater, kepribadian dan sesuai selera Anda.

Demikian sedikit paparan yang dapat kami sampaikan kepada Anda mengenai aneka model partisi pada ruangan minimalis. Untuk dapatnya di manfaatkan sebagai refrensi dalam pendesainan pada ruangan rumah Anda yang tergolong luas, sehingga diperlukan pembagian ruangan yang juga tidak bersifat permanen agar dapat dirubah kembali menjadi luas seperti semula pada waktu tertentu saat diadakannya sebuah acara di rumah Anda dengan kapasitas banyak orang. Mohon maaf apabila ada salah kata dan kami ucapkan terima kasih.

Jasa Design Rumah, Jasa Design Rumah Cikarang, Jasa Design Rumah Yogyakarta, Desain Rumah, Desain Rumah Aceh, Desain Rumah Adat Aceh, Desain Rumah Adat Jambi, Desain Rumah Art Deco, Desain Rumah American Style, Desain Rumah Ala Korea, Desain Rumah Bali, Desain Rumah Belanda, Desain Rumah Bambu, Desain Rumah Bali Modern