Pagar Rumah Minimalis

Kreasi Unik Dalam Mendesain Taman Depan Rumah Minimalis

Polusi lingkungan, kemacetan, dan juga stress akibat kesibukan kerja yang luar biasa atau pun permasalahan lain yang seringkali mendera penduduk di perkotaan besar, pastinya akan membuat tekanan hidup terasa makin berat saja. Untuk itulah sebisa mungkin orang harusnya kembali untuk berdekatan dengan alam atau yang seringkali disebut sebagai back to nature. Anda di sini bisa memulai gaya hidup kembali ke alam ini dengan cara membuat sebuah taman depan rumah minimalis. Tidak harus lahan yang luas untuk bisa mewujudkan keinginan Anda, sebab dengan desain yang tepat, lahan yang terbatas di depan rumah bisa dimanfaatkan sebagai taman unik, mungil, dan cantik.

Ini kreasi unik desain taman depan rumah minimalis

pagar minimalis 2 min
pagar minimalis 2 min
pagar minimalis 1 min
pagar minimalis 1 min

Terdapat cara tersendiri supaya lahan terbatas yang akan Anda jadikan sebagai area taman tidak terlihat penuh dan sumpek. Salah satunya adalah merancang desain taman depan rumah minimalis yang memanfaatkan pot-pot bunga dan juga seminim mungkin menanam langsung tanaman hias di tanah. Sebagai dekorasinya Anda bisa memakai kayu dan juga batu alam. Silakan buat panggung mungil dari kayu yang akan menjadi tempat untuk meletakkan pot-pot bunga serta beraneka jenis tanaman hias kesayangan Anda.

Selain itu, letakkan batu alam dengan rapi di taman dan sebagai variasinya Anda bisa memakai bebatuan yang warnanya berbeda sebagai pembatas sekaligus pemanis taman minimalis Anda. Tidak hanya itu saja, membuat taman unik dan mungil ini menjadi lebih indah, batuan alam yang disusun rapi juga akan menjaga teras rumah tidak kotor karena cipratan tanah saat hujan turun. Batu alam dengan warna kontras seperti putih dan hitam bisa jadi pilihan menariknya.

Ide desain taman depan rumah minimalis

pagar minimalis 4 min
pagar minimalis 4 min

Selain memakai unsur kayu dan bebatuan sebagai hiasan taman depan rumah minimalis, untuk konsep taman mungil ini supaya tampak lebih alami Anda dapat menanam rumput jarum di seluruh lahan taman rumah Anda. Sebagai dekorasinya Anda juga bisa memakai lampu taman, supaya di saat malam harinya bagian halaman depan rumah Anda akan makin terlihat cantik dan indah. Lampu taman yang pas untuk desain minimalis ini bukan lampu taman sebagaimana biasanya yang bentuknya bulat besar, ada baiknya pilih model lampu taman dengan bentuk persegi atau kotak polos, Anda juga dapat memilih lampu taman yang berhias ukiran.

Jika Anda mempunyai dana yang cukup, sebagai pembatas tamannya bisa dibangun dinding dengan bata hias atau pun bata ekspos yang bisa menonjolkan kesan natural. Setelah itu pakai pot-pot tempel di dinding bata hias juga bisa menjadi pilihan untuk memperbanyak jumlah tanaman atau pun bunga hias tanpa harus menanam langsung di lahan.

Itulah kreasi unik dalam mendesain taman depan rumah minimalis yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Ini Pilihan Tema Teras Rumah Minimalis Untuk Anda

pagar minimalis 5 min
pagar minimalis 5 min

Jika ditanya, siapa yang ingin memiliki sebuah rumah. Jawabannya pastinya semua orang ingin memiliki sebuah rumah. Tentunya juga dengan Anda bukan? Nah, bagi Anda yang memang ingin membangun sebuah rumah, kehadiran teras rumah minimalis sangat penting.

Teras rumah minimalis ini sendiri memang merupakan titik fokus dalam sebuah rumah, dan teras rumah minimalis ini sekaligus sebagai poin utama look rumah kita. Tenang saja, mengonsep sebuah teras rumah minimalis tidaklah sulit. Apalagi sekarang sudah ada banyak pilihan tema teras rumah minimalis untuk Anda. Dan berikut ini informasi khususnya!

Pilihan Tema Teras Rumah Minimalis

pagar minimalis 7 min
pagar minimalis 7 min

Bagi Anda yang memang akan membangun sebuah rumah minimalis, ada beberapa pilihan teras rumah minimalis yang cocok untuk Anda. Dan berikut ini informasi pilihan teras rumah minimalis yang bisa Anda pilih.

Teras Desain Natural

pagar minimalis 8 min
pagar minimalis 8 min

Untuk desain teras pada bangunan rumah minimalis Indonesia memang sangat cocok jika menerapkan teras dengan desani natural. Untuk teras desain natural, beberapa elemen dan aspek yang sangat ditonjolkan adalah tanaman hijau, perabotan kayu pada teras, ornamen natural, serta dekorasi dari bahan alam. Melengkapi unsur dekorasi teras dengan unsur bambu juga bisa Anda coba karena dengan demikian desain yang natural akan semakin terpancar. Jangan lupa berikan juga efek alam berupa aliran air didepan teras seperti Anda bisa ciptakan kolam ikan atau air mancur yang dijadikan satu dengan konsep taman.

Teras Minimalis

pagar minimalis homedsgn min
pagar minimalis homedsgn min

Teras rumah minimalis lebih banyak diidamkan karena memang teras minimalis merupakan perpaduan paling indah dengan desain rumah minimalis. Teras rumah minimalis ini memiliki ciri khas yaitu biasanya identik dengan unsur – unsur geometris yang teratur. Biasanya tidak diberikan perabotan pada teras minimalis karena teras minimalis ini lebih menonjolkan sisi minimalis bangunan teras.

Teras Etnik

pagar minimalis archdaily.com min
pagar minimalis archdaily.com min

Untuk teras etnik biasanya lebih didominasi dengan bahan kayu pada terasnya. Ornamen – ornamen yang memberikan kesan etnik juga akan melengkapi teras etnik. Seperti ornamen etnik berupa vas etnik, patung, lukisan akan setia menjadi pendamping dekorasi bagi teras etnik. Biasanya dinding pada teras etnik akan mengutamakan sisi sederhana yang konjungsi karena itu biasanya menggunakan batu bata yang terlihat dengan warna merahnya seperti rumah – rumah di Bandung pada daerah pegunungan.

Teras Vintage

pagar minimalis archdailycom min
pagar minimalis archdailycom min

Untuk rumah minimalis, teras vintage paling jarang diterapkan. Bahkan perbandingannya 1 : 100 orang yang mengenakan konsep teras vintage dengan yang tidak. Biasanya teras vintage ini identik dengan warna putih, salem, cream ataupun biru muda.

Itulah sedikit inspirasi desain yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Pilihan Tema Teras Rumah Minimalis bermanfaat.

Tips Pemilihan Partisi Untuk Ruang Minimalis

pagar minimalis archiicom min
pagar minimalis archiicom min

ada sebuah rumah yang memiliki area ruangan yang luas tentunya sangat membutuhkan furniture sebagai pemisah ruangan. Sebuah pemisah ruangan di bagi dua prinsip, yaitu bisa menggunakan bangunan permanen atau dengan partisi. Partisi adalah dimana sebuah pemisah ruangan yang dapat membagi menjadi beberapa bagian ruangan, dan sifatnya dapat di ubah – ubah dari tempatnya semula.

Ruangan dengan konsep terbuka pastinya lebih terasa lebar dan leluasa. Seperti pada konsep bangunan yang minimalis pada umumnya juga menggunakan konsep ruang terbuka. Misalnya yang seperti kita ketahui pada ruang tamu digabung dengan ruang keluarga supaya terlihat lebih luas. Tetapi juga dibutuhkan suatu pemisah karena pada setiap ruangan juga mempunyai privasi. Sehingga dapat membedakan atau menutupi antara area privasi dengan area umum.

pagar minimalis landscapeblueprintcom min
pagar minimalis landscapeblueprintcom min
pagar minimalis naturaltimesus min
pagar minimalis naturaltimesus min

Adanya sebuah partisi pada ruang tamu sangat dibutuhkan supaya privasi pada ruangan yang lain lebih terjaga. Partisi tidak hanya berfungsi sebagai alat pemisah saja, akan tetapi bisa menjadi backdrop. Seperti saat ini banyaknya macam dan jenis partisi bisa membuat sebuah ruang tamu Anda terlihat lebih bagus. Pada dasarnya partisi mempunyai bermacam – macam type, antara lain :

  • Massif
    Yaitu partisi yang terbuat dari bahan atau material solid dan juga tidak tembus pandang. Pada umumnya partisi seperti ini digunakan pada ruangan dengan privasi yang tinggi.
  • Semi transparan
    Design dari partisi type ini yaitu tertutup, namun tidak seutuhnya juga yang tertutup. Melainkan ada bagian – bagian pada partisi ini yang tidak tertutup. Partisi ini menggunakan material solid seperti kaca atau fiber yang sering digunakan untuk tipe semi transparan ini.
  • Transparan
    Meskipun ada sebuah pembatas seperti partisi pada type ini, tetapi Anda tetap bisa melihat aktivitas yang ada di ruang sebelahnya. Pada partisi type ini biasanya menggunakan material dari bahan kaca.
pagar minimalis homedsgncom min
pagar minimalis homedsgncom min

Untuk memisahkan antara ruang tamu dengan ruangan yang lainnya, pastinya Anda membutuhkan sebuah partisi yang cocok dan tepat sesuai dengan konsep pada rumah Anda, khususnya pada ruangan minimalis. Berikut ini adalah tips – tips yang dapat Anda contoh untuk memilih partisi pada ruang tamu minimalis Anda, antara lain :

  • Apabila Anda menginginkan sebuah partisi yang bersifat sementara, maka sebaiknya Anda memilih partisi dengan type semi permanen. Karena pada partisi ini mudah untuk dipindah dan digeser setiap waktu.
  • Jika pada ruang tamu Anda lebih tinggi, maka gunakan folding door yang berbahan material aluminium dan dilapisi busa. Lapisan tersebut berguna untuk meredam adanya suara sehingga tidak mengganggu ruangan yang lainnya.
  • Apabila rumah Anda bergaya minimalis, maka sebaiknya Anda gunakan folding door dengan berbahan dasar kayu solid saja.
  • Dan jika memilih partisi yang semi permanen, maka Anda usahakan agar tidak merusak material – material lainnya yang ada di dalam ruangan tersebut.
pagar minimalis realestate.au min
pagar minimalis realestate.au min
pagar minimalis pirienetau min
pagar minimalis pirienetau min

Selanjutnya adalah dari segi material yang juga banyak pilihan yang dapat Anda gunakan untuk partisi ruang tamu Anda, diantaranya adalah :

  • Kayu
    Kayu yang digunakan untuk sebuah partisi adalah kayu olahan atau kayu yang sudah mengalami proses yang panjang untuk bisa digunakan sebagai partisi. Penggunaan partisi kayu banyak digemari oleh peminatnya. Karena dengan penggunaan partisi berbahan dasar kayu ini ruangan semakin terasa alami dan hangat.
  • Bambu
    Kesan alami dari bambu bisa Anda gunakan untuk partisi di ruang tamu Anda. Dengan pengecatan dan design yang bagus, sehingga akan menambah kesan yang cantik pada partisi tersebut.
  • Kaca dan cermin
    Penggunaan bahan dasar kaca untuk partisi di ruang tamu Anda  bisa memberikan kesan yang menyatu dan mencair. Selain itu cermin juga bermanfaat supaya ruangan terlihat lebih luas. Partisi cermin cocok untuk ruangan yang sempit.
  • Fiber
    partisi ini hampir mirip dengan bahan kaca, tetapi tampilannya lebih halus dan juga agak buram. Fiber bersifat elastis, sehingga mudah dipotong dan dijadikan ornament, dan mudah untuk dibersihkan.
  • Gipsum
    Anda dapat menempel lembaran-lembaran gipsum pada sebuah rangka, seperti pada metal atau kayu. Sekat gipsum bisa dibentuk sesuai dengan keinginan Anda dan bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan.

Desain Teras Exterior Rumah Minimalis

pagar minimalis architecturebeast min
pagar minimalis architecturebeast min

Teras merupakan salah satu bagian eksterior pada sebuah bangunan rumah yang sangat penting keberadaanya untuk diperhatikan masalah penataan letak dan fungsinya. Di sebut tataletaknya penting karena posisi teras berada pada bagian depan bangunan rumah, dimana setiap tamu yang berkunjung pertama kali yang dilihat sebelum memasuki rumah Anda adalah teras. Sedangkan fungsi teras di anggap penting, karena teras juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai tempat penerima tamu, yang mungkin tamu tersebut tidak Anda kenal sebelumnya, sehingga kita tidak perlu mempersilhkan tamu tersebut untuk masuk ke rumah Anda atau pada ruang tamu. Maka dari beberapa alasan tersebut, sangatlah penting bagaimana cara desain teras exterior pada rumah minimalis agar sesuai dengan fungsinya dan juga enak dipandang mata.

pagar minimalis softosdcom min
pagar minimalis softosdcom min
pagar minimalis zionstarnet min
pagar minimalis zionstarnet min

Pada dasarnya untuk dapat mendesain teras yang enak di pandang pada rumah minimalis tidak terlalu sulit, cukup Anda membayangkan saja teras seperti apa yang Anda inginkan pada rumah minimalis Anda. Namun yang harus Anda terapkan di dalam desain teras rumah minimalis modern seperti ini adalah terletak pada harmonisasinya saja. Anda harus menyiapkan atau meletakkan apa saja yang dibutuhkan untuk melengkapi teras minimalis tersebut. Misalnya rumah minimalis Anda menggunakan konsep bergaya klasik, maka Anda bisa meletakkan 2 buah kursi dan juga sebuah meja kayu di dalam teras tersebut. Tentunya hal ini berlaku apabila pada ukuran rumah Anda tidak terlalu besar. Namun jika berkukuran yang agak besar, maka Anda akan lebih leluasa dalam memilih furniturenya untuk dapat melengkapi desain pada teras rumah minimalis tersebut.

pagar minimalis arcowebcom min
pagar minimalis arcowebcom min

Selain itu sesuaikan juga konsep warna pada teras tersebut dengan dinding bagian eksterior rumah Anda, sebab hal ini penting sekali untuk diperhatikan namun sering sekali diabaikan oleh pemilik rumahnya. Kemudian akan lebih baik jika warna cat pada teras netral, sehingga furniture apapun yang Anda letakan tetap bisa mengikuti dan matching untuk diterapkan dalam desain teras rumah minimalis Anda.

Jika anda ingin mendapatkan kesan yang modern dan elegan, maka Anda bisa mengaplikasikan warna cat rumah Anda dengan warna hitam dan putih, sehingga jika menggunakan furniture teras yang lain bisa mengikuti, misalnya menggunakan sofa dengan warna abu-abu atau warna yang lainnya tidak menimbulkan kesan kontras.

Untuk mendesain sebuah teras rumah minimalis yang sederhana, Anda juga dapat mengaplikasikan kursi yang berbahan dasar kayu memanjang, dan tanpa menggunakan meja. Hal ini dikarenakan pada umumnya sebuah teras rumah minimalis yang berukuran sederhana seperti yang pada rumah tipe 36 ini tidak terlalu besar. Sehingga sangat tidak cocok apabila menggunakan meja dan kursi pada desain teras rumah minimalis seperti ini. Maka dengan begitu And cukup letakkan kursi panjang sebagai tempat bersantai keluarga, sekaligus melengkapi ruang teras Anda. Namun jika dibagian depan kursi masih terdapat sisa, maka bisa dilengkapi dengan beberapa tanaman pot agar tidak terlalu menampilkan kesan kosong pada teras. Karena dengan meletakkan tanaman pot seperti ini juga bisa melengkapi keindahan pada teras rumah anda.

pagar minimalis doves housecom min
pagar minimalis doves housecom min

Namun agar ruang teras rumah minimalis Anda lebih leluasa, maka pada kamar tamu Anda dapat di tambahkan jika menggunakan jendela yang tidak harus dibuka atau di sebut dengan permanen, yang hanya menggunakan kaca yang di desain sebagaimana layaknya sebuah jendela. Karena hal ini memungkinkan keberadaan kursi teras berada pada bagian depan jendela, sehingga teras bisa difungsikan secara optimal.

Alangkah baiknya jika teras rumah minimalis seperti ini tidak menggunakan tiang penyangga, terutama pada rumah minimalis yang sederhana. Karena ini justru akan menjadikan tampilan pada desain teras rumah minimalis Anda menjadi semakin sempit sehingga tidak bisa diaplikasikan dengan beberapa kursi dan meja. Selain itu, hindari meletakkan beberapa tanaman yang memungkinkan dapat bertumbuh menjadi besar sehingga bisa menutupi bagian rumah dan teras Anda. Maka secara tidak langsung hal ini akan merusak tampilan desain eksterior pada rumah minimalis anda.

Macam – macam Ventilasi Yang Tepat Pada Rumah Tropis

pagar minimalis fireangelscom min
pagar minimalis fireangelscom min

Ventilasi adalah suatu penyedia proses pertukaran udara segar dan udara kotor dari ruang tertutup alami atau mekanis. Dengan ketersediaan udara segar pada sebuah rumah atau ruang yang dibutuhkan oleh penghuninya, sehingga jika ruangan tidak memiliki sistem ventilasi yang cukup baik dan juga lebih ramai akan dapat merugikan kesehatan para penghuninya. Selain berfungsi sebagai penyedia proses pertukaran udara tersebut, ventilasi atau jendela atau bahkan pintu juga berfungsi sebagai jalan masuknya suatu cahaya matahari ke dalam rumah.

Agar pada suatu ruangan rumah Anda menjadi segar, maka ada ketentuan atau persyaratan sebagai berikut :

  • Lubang ventilasi tetap / permanen minimum 5 % dari luas lantai ruangan, kemudian luas lubang ventilasi insidentil atau terbuka dan tertutupnya minimal 5 % juga dari luas lantainya, lubang ventilasi dengan tinggi minimal 80 cm dari langit-langit. Tinggi jendela yang dapat dibuka dan ditutup sebaiknya 80 cm dari lantai, kemudian jarak dari langit-langit ke jendela minimal 30 cm. Namun juga harus Anda jamin bahwa udara yang masuk adalah udara bersih, tidak tercemar oleh asap-asap pembakaran sampah, debu, kendaraan knalpot, dan lain-lain. Ventilasi silang pada aliran udara berusaha untuk menempatkan lubang udara antara dua dinding yang menghadap ruangan. Aliran udara tidak terhalang oleh barang-barang seperti lemari, atau hambatan-hambatan yang lainnya. Kelembaban udara dipertahankan antara 40 % hingga 70 % . Prinsip utama adalah untuk berpindah dari ventilasi udara kotor di rumah, kemidian menggantinya atau bertukar dengan udara bersih. Sistem fasilitas sebuah ventilasi menjadi hal penting dalam upaya untuk menyelamatkan udara di lingkungan rumah Anda. Fungsi lainnya adalah untuk mengurangi konsentrasi pada debu dan gas yang dapat menyebabkan sang penghuninya keracunan, kebakaran hingga ledakan.
  • Secara umum, Anda dapat mengenali beberapa bentuk dari ventilasi :
    Ventilasi alami atau dengan kata lain yaitu Natural Ventilation ini adalah bentuk pertukaran udara secara alami tanpa adanya bantuan alat-alat mekanis, seperti kipas dan lainya. Ventilasi alami ini masih dapat dilakukan untuk membersihkan ventilasi udara yang terbuka selama waktu perubahan di udara segar dan tercampur dengan udara kotor di dalam sebuah ruangan.
  • Ventilasi alami yang luas Standard, ukuranya lebih dari 20 % dari luas lantai tempat ruangannya. Penggunaan ventilasi alami tidak efektif apabila digunakan dengan tujuan mengurangi emisi gas, debu dan uap pada rumah kaca. Hal ini disebabkan karena tingkat kesulitan yang tinggi juga berhubungan dengan ventilasi alami tentang kecepatan angin, kemudian tekanan angin dari luar, radiasi panas, arah angin, dan juga seberapa besar pengaruh lubang yang ada pada dinding dan atap, ventilasi alami ini biasanya digunakan dengan bertujuan untuk memberikan kesegaran dan kenyamanan di tempat-tempat yang sedikit atau bahkan tidak memiliki bahaya yang tinggi.
  • Ventilasi Umum biasanya digunakan di tempat yang emisi gas dan panas derajatnya tidak begitu tinggi. Kemudian jenis ventilasi biasanya dilengkapi dengan perangkat mekanis misalnya kipas vakum. Sistem kerja dibangun di luar udara di rumah dan di blow oleh kipas pengisap ke preferensi dan dicampur dengan polutan yang dihasilkan pengenceran. Kemudian udara kotor yang terhirup dan juga diencerkan dalam limbah.
  • Ventilasi pengeluaran lokal atau di sebut dengan Local Exhaust Ventilation : Jenis ventilasi yang digunakan oleh pertimbangan teknis, bahwa polutan gas, kemudian debu dan juga uap yang ada di dalam rumah terdapat konsentrasi tinggi yang tidak dapat dihapus atau diencerkan hanya dengan menggunakan ventilasi umum, terutama ventilasi alami, tetapi harus dengan ventilasi pengeluaran lokal yang ditempatkan tepat di sumber polutan. Polutan dari proses yang akan bekerja langsung pada hisap dengan ventilasi.
pagar minimalis homedesignrev min
pagar minimalis homedesignrev min

Itulah sedikit paparan yang dapat kami sampaikan kepada Anda mengenai ventilasi yang tepat untuk rumah tropis, semoga Anda dapat memanfaatkan dengan tepat dalam memprediksi atau perancangan peletakan ventilasi pada rumah tropis Anda. Demikian dari kami semoga sukses dalam pendesainan rumah tropis Anda, terima kasih.

Desain Rumah Bali Klasik, Desain Rumah Bali Minimalis, Desain Rumah Batu Alam, Desain Rumah Bandung, Desain Rumah Banjarmasin, Desain Rumah Banyak Jendela, Desain Rumah Banyak Cahaya, Desain Rumah Bandung Tempo Dulu, Desain Rumah Bertingkat, Desain Rumah Betawi, Desain Rumah Betawi Modern, Desain Rumah Bengkel, Desain Rumah Bengkel Motor, Desain Rumah Bogor, Desain Rumah Cantik